Saturday 16 January 2016

REPORT TEXT

Selamat datang kembali di learningenglishindependently. Kali ini kita akan membahas tentang Report Text. Report Text ini secara umum memang masih saudaranya Descriptive Text alias mirip-mirip sehingga kadang-kadang sebagian dari kita suasah membedakannya. Dari struktur dan ciri kebahasaannya hampir sama. 

Pengertian report text.

Report text adalah salah satu jenis teks dalam bahasa inggris yang termasuk katogori deskripsi, namun report text mendeskripsikan Sesuatu, binatang atau fenomena alam secara apa adanya. Biasanya deskripsinya lebih mendalam secara ilmiah karena deskripsi dalam Report Text sudah melalui pengamatan dan penelitian secara khusus sehingga bisa di buktikan secara ilmiah. Biasanya benda, binatang ataupun fenomena alam yang di laporkan masih dalam bentuk secara umum bukan benda atau binatang khusus. Report text bisa juga disebut teks laporan karena teks ini berfungsi untuk memberitahukan atau melaporkan keadaan sesuatu, bintang atau fenomena alam secara apa adanya dan sesuai pengamatan atau peneletian kepada para pembaca. 

Tujuan Report Text

Tujuan Report Text adalah untuk memberikan informasi atas suatu hasil pengamatan dan juga penelitian yang sistematis pada barang buatan manusia, binatang ataupun fenomena alam. 
Benda, binatang ataupun fenomena alam yang di describsikan dan dilaporkan disini adalah masih umum, seperti binatang menyusui, serangga, gempa bumi, Tsunami, tumbuhan, transportasi, budaya dll.

Struktur Report Text

Struktur report text secara umum ada dua bagian:

a.General Classification

Dalam bagian ini akan diperkenalkan obyek yang di laporkan secara umum dan juga menjelaskan klasifikasinya, baik class mapun subclassnya.

b.Description

Di bagian ini akan di gambarkan atau di jelaskan tentang fenomena-fenomena apa saja yang terjadi termasuk pada bagian-bagiannya, kualitas dan kuantitasnya, kebiasaanya, tingkah lakunya, cara abertahan hidupnya. Bagian description ini menjabarkan secra detail apa yang sudah di terangkan pada bagian General Classification.

Language Features of Report Text.

a.se Present Tense

Contoh. Cow is a mammal. It eats grass, Snakes like to have sun bath, The earthquake occurs.

b.The use of General nouns.

Contoh. Comodo, Giraffe, earthquake, tsunami, elephant.

c.The use of relating verbs.

Contoh : is, are, has, look, feel, seem, appear.

d.The use of behavourial verbs

Contoh : sunbath, bite, claw, meo, bark, bray, creep, perch.

e.The use of Technical terms.

Contoh : oxygen, carbon dioxide, hydrogen, cambium, vitamin, mineral.

Contoh Report Text.

A Tree

There are many kinds of plants on this earth. some of them are very tall and huge and some are of average height, and others are small and shorts. Some are woody and some are not. All plants can provide their own foods to grow and thrive. We can call the woody plants as trees. Commonly, trees have tree main parts. The main parts of a tree are roots, a trunk and leaves. These main parts have different functions. Roots are important part of a tree. there are two sorts of roots namely  tap roots and fibrous roots. The function of the taproot is to hold the tree firmly, so that it will not topple over when strong winds blow. The taproot has many branches. The branches spread out to every directions and make the tree stuck firmly on the ground. The branches of the tap roots are tiny like strings. They are called fibrous roots. These roots carry out their main job by absorbing mineral and water. The water and mineral will run up from roots up to the leaves.
Trees make their own foods at the leaves. The leaves of the trees are food factories. With help of sunlight they make sugar from water and carbon-dioxide.

No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *